KISI KISI BAHASA INGGRIS UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) Tahun 2016
Kisi kisi Ujian Nasional Bahasa Inggris 2016 ini penulis peroleh dari hasil keikut sertaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) tentang Standard Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional (UN) yang dipresentasikan oleh Bapak Irawan dari SMKN 7 Semarang, dimana diklat inibertempat di Aula SMK Bina Patria 1 Sukoharjo yang berlangsung dari tanggal 25 sampai dengan 28 Februari 2016.
Penulisan kisi-kisi ini berdasarkan pada isi kisi kisi ujian nasional yang dikeluarkan oleh website Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP), namun kisi kisi oleh Bapak Irawan disampaikan lebih rinci. Berikut ini bisa Anda simak isi dari Kisi Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2016.
Level Kognitif:
Pengetahuan dan Pemahaman
• MengidentifikasiFungsi Sosial:
Siswa dapat:1. mengidentifikasi topik / tujuan / latar belakang teks
esai pendek (descriptive, procedure, recount,
report);
2. mengidentifikasi topik / tujuan / latar belakang teks
fungsional pendek (announcement, letter).
Struktur Teks
Siswa dapat :1. mengidentifikasi langkah / urutan / alur /
plot dari kejadian /peristiwa / tindakan
dalam teks.
Unsur Kebahasaan
Siswa dapat:1. menentukan makna kata / kalimat dalam
teks.
Level Kognitif
Penerapan
• Menentukan• Menerapkan
Fungsi Sosial
Siswa dapat:1. menentukan penggunaan teks;
2. menerapkan fungsi dari setiap langkah / alat / peristiwa / bagian / aspek yang disebutkan dalam teks.
Struktur Teks
Siswa dapat:1. menjelaskan keterkaitan antar langkah satu dengan yang lainnya dalam teks.
Unsur Kebahasaan
Siswa dapat:1. Menentukan ungkapan yang tepat untuk melengkapi teks dialog tentang:
a. ungkapan memuji (compliment): SPM halaman 13
b. menawarkan (offering): SPM halaman 11
c. kegiatan sehari-hari (present tense/ daily activities): SPM halaman 30
d. saran (suggestion): SPM halaman 16
e. persetujuan (agreement/disagreement): SPM halaman 40
f. kalimat pasif (pasive voice),
g. kalimat pengandaian (conditional sentences): SPM halaman 19
h. keharusan,
i. rencana yang akan datang (present future tense): SPM halaman 33
j. kejadian yang sedang berlangsung (present continuous tense):SPM halaman 30
k. kejadian lampau dan yang mengacu pada kesudahannya (past perfect tense):
SPM halaman 27
l. kalimat langsung / tidak langsung (direct-indirect speech),
m. kejadian waktu lampau (simple past tense):SPM halaman 26-27
n. gerunds (verb ing yang berfungsi sebagai kata benda),
o. profesi,
p. pilihan tindakan (preference)
Level Kognitif
Penalaran
• Menyimpulkan• Menganalisis
Fungsi Sosial
Siswa dapat:1. menyimpulkan fungsi / akibat / efek setelah membaca teks,
2. mengasosiasi fungsi teks dengan teks lainnya dalam kehidupan sosial.
Struktur Teks
Siswa dapat :1. menentukan gagasan utama / informasi rinci / informasi tersirat dalam teks dialog, teks
esai pendek dan teks fungsional pendek tsb,
2. memprediksi bagian selanjutnya dari penggalan teks,
3. menentukan penutup teks yang logis
Unsur Kebahasaan
Siswa dapat :
1. menafsirkan kalimat dalam teks.
0 comments:
Post a Comment